Kuda Renggong, Kesenian Yang Populer di Jawa Barat!

πŸ‘€ Aditya Afri Kusumah Putra   πŸ”Ÿ Minggu, 21 Oktober 2018   πŸ•“ 17:00

            Hallo Halooo, kembali lagi di blog saya. Oke kali ini saya akan memperkenalkan kesenian yang cukup popular dari Jawa Barat, kesenian apa itu? Kesenian ini adalah Kuda Renggong, yang saya ketahui tentang kesenian ini adalah kesenian tentang keterampilan berkuda, dan biasanya kesenian ini diadakan saat ada acara sunatan anak kecil, biasanya kuda-kuda dihias dengan menggunakan kostum yang unik, agar terlihat lebih menarik.

Gambar : Kuda Renggong
           
        Kesenian Kuda Renggong ini berasal dari daerah Sumedang, menurut pendapat para seniman Kuda Renggong pertama kali muncul pada tahun 1910 di desa Cikurubuk kecamatan Buah Dua kabupaten Sumedang. Ketekunan yang dimiliki oleh Aki Sipan yang lahir pada tahun 1870, membuat kuda dapat dilatih agar bisa menggangguk-angguk, mengangkat-angkat kakinya dan berbaris rapih seperti menari. Dengan mendapat dukungan Pangeran Aria Soeria Atmadja, Aki Sipan dapat berkreasi melatih kuda, sehingga kuda yang bisa menari inilah yang diberi nama Kuda Renggong. Kuda Renggong mengalami perkembangan yang cukup baik sehingga mengalami penyebaran yang sangat luas, mulai dari luar desa Cikurubuk sampai ke luar kabupaten Sumedang.

Biasanya kesenian Kuda Renggong ini dilaksanakan dengan menggunakan iringan musik, dan biasanya menggunakan tembang-tembang atau lagu-lagu Sunda tembang-tembang yang dipilih, antara lain KalekedMojang GeulisRayak-rayakOle-ole BandungKembang BeureumKembang GadungJisamsu, dll.
Gambar : Kuda Renggong
       Oke, demikian lah perkenalan kesenian khas Jawa Barat yang cukup populer yaitu Kuda Renggong. Mari kita terus lestarikan budaya dan kesenian bangsa Indonesia, jangan sampai budaya dan kesenian Indonesia di ambil oleh negri tetangga hehe.

"Gambar dikutip dari laman google"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lihatlah Perjuangan Maung Ngora U-19